Minggu, 08 Agustus 2010

Sekilas tentang SMA Tarakanita 2 Jakarta

SEKLUMIT TENTANG SMA TARAKANITA 2

SMA Tarakanita 2 Pluit Jakarta adalah sekolah Katholik yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam semangat nilai-nilai iman Katholik yang bersifat universal. Didirikan pada tanggal 2 Januari 1976 dibawah naungan suster-suster cintah kasih Santo Carolus Borromeus, dengan yayasan Tarakanita sebagai penyelenggara yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam berproses menjadi manusia utuh, berwatak baik, beriman, jujur, bersikap adil, cerdas, mandiri, kreatif, terampil, berbudipekerti luhur, berwawasan kebangsaan dan digerakkan oleh kasih Allah yang berbela rasa terutama bagi yang miskin, tersisih dan menderita.

SMA Tarakanita 2 yang kini telah berusia 35 tahun, dalam perjalanannya tentu tidak lepas dari pergulatan suka dan duka yang dialami oleh para pendahulu atau para pengelola hingga terwujudnya SMA Tarakanita 2 seperti sekarang ini. Diawali dengan 143 orang siswa dan siswi kelas 1 (satu), kegiatan pendidikan dan pengajaran pun mulai dilaksanakan hingga tahun ajaran 2005-2006, sejumlah 6045 orang siswa dan siswi telah mengenyam pendidikan di SMA Tarakanita 2 ini. Pada tahun 2010-2011 jumlah siswa-siswi nya sejumlah 511 orang yang didukung dengan 49 orang karyawan yang terdiri dari 35 orang tenaga edukatif, 9 orang tenaga tata usaha dan 2 orang tenaga pelaksana, dan 3 satpam dilengkapi dengan 16 ruang kelas, laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa, Komputer, masing-masing 1 ruang; Perpustakaan, Ruang kepala sekolah, Ruang guru, Ruang BP/BK, Ruang OSIS, Ruang UKS, Aula dan Lapangan olahraga. Semua ruangan tersebut dilengkapi dengan AC, CCTV, dan LCD. Kepala sekolah yang diberi kepercayaan memimpin SMA Tarakanita 2 adalah:
1. Sr. Marie Redempta [1976-1988]
2. Sr. Floriana CB [1988-1990]
3. Bp. Julius Tukidjan [1990-2001]
4. Sr. Petra CB [2001-2003]
5. Sr. Imelda CB [2003-2006]
6. Sr. Laurentina CB [2006-2008]
7. Sr. Marisa CB [2008-2010]
8. Bp. Anton S Sudarsono [2010- sekarang]

Selaras dengan kebutuhan dan tuntutan zaman, “KUALITAS PENDIDIKAN” dan “SESUATU YANG KHAS YANG DAPAT DIBANGGAKAN” merupakan suatu hal yang setiap saat harus kita perhatikan dan tingkatkan, oleh karena itu SMA Tarakanita 2 selalu berbenah diri untuk melakukan pembaharuan dalam rangka mewujudkan pembentukkan manusia seutuhnya, profesionalitas sumber daya manusia dan terciptanya lingkungan sekolah yang kondusif. Dalam melengkapi era pendidikan yang penuh kompetisi ini agar SMA Tarakanita 2 tetap “EXIST” dan mendapatkan tempat dihati masyarakat, maka SMA Tarakanita 2 menyatukan gerak langkah yang dituangkan dalam VISI DAN MISI SMA Tarakanita 2, yaitu:

VISI : SMA Tarakanita 2 adalah sekolah Katholik yang digerakkan oleh Kasih Allah yang berbela rasa, mendidik siswa-siswinya agar berkompetensi tinggi menuju pribadi yang utuh dengan mengembangkan iman (Spiritual Intelligence), kecerdasan intelektual (Intellectual Intelligence), kemampuan psikomotorik dan daya juang (Adversity Quotient) serta individualitas dan sosialitas (Social Intelligence).

MISI: Menumbuhkembangkan religiositas sebagai dasar berperilaku bagi setiap anggota komunitas, menumbuhkembangkan kedisiplinan sebagai roh sekolah demi terbentuknya pribadi yang bebas dan bertanggung jawab, mewujudkan kemandirian untuk menentukan keberhasilan belajar dan keterampilan hidup, meningkatkan profesionalisme dalam pengembangan sumber daya manusia yang tertata rapi sebagai wujud pelayanan yang berkualitas dan meningkatkan managemen sekolah yang kondusif bagi keberhasilan penyelenggara pendidikan.

SMA Tarakanita 2 menyadari bahwa pendidikan yang selama ini berlangsung belum memenuhi harapan dan menjawab keinginan siswa-siswi, orang tua dan masyarakat. Oleh karena itu SMA Tarakanita 2 selalu membuka diri terhadap saran dan kritik yang membangun agar pendidikan yang kita cita-citakan dapat terwujud.

salam,
FA. Suyono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar